Selasa, 25 November 2008

Tips n Trik Blogging

Tips & Trik ini saya temui dari blog ini. Saya sangat tertarik dengan artikel ini, dikarenakan mungkin saya termasuk dalam kategori blogger paruh waktu. Untuk itu saya coba membagi mengenai tip & trik ini ke Anda semuanya. Mungkin kita semua tahu bahwa tidak banyak blogger Indonesia yang benar-benar hidup dari aktivitas blogging. Dengan kata lain, tidak banyak full-time blogger Indonesia yang tidak bekerja kecuali hanya mengandalkan penghasilan dari “bekerja” di dunia blogging. Salah satunya adalah saya sendiri. :D

Kebanyakan blogger Indonesia yang menekuni aktivitas make money from blogging adalah blogger-blogger paruh waktu. Artinya, selain mendapatkan penghasilan dari blog, sebagian besar blogger di Indonesia masih mendapatkan penghasilan dari pekerjaan di dunia off-line.

Menjadi blogger paruh waktu, terlepas dari keterbatasannya, sebenarnya memiliki nilai lebih tersendiri. Pertama, keamanan finansial. Dengan menjadi blogger paruh waktu, kita bisa mulai membangun arus penghasilan baru melalui media blog dengan tetap memiliki sumber penghasilan dari pekerjaan utama kita. Kedua, peluang mendapatkan tambahan penghasilan ekstra yang berawal dari hobi beraktivitas blogging. Ketiga, tekanan yang tidak terlalu besar ketimbang jika Anda langsung memutuskan untuk menceburkan diri sepenuhnya hidup dari aktivitas make money from blogging. Keempat, kesempatan belajar sambil melakukan (learning by doing) bagaimana make money from blogging dengan benar dan menguntungkan.

Jika Anda kebetulan adalah seorang blogger paruh waktu, lalu apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjadi blogger paruh waktu yang sukses?

Berikut adalah 5 tips sederhana yang barangkali bermanfaat bagi Anda blogger paruh waktu.

5 Tips Sukses Menjadi Blogger Paruh Waktu:

1. Tentukan Tujuan Anda Sebagai Blogger Paruh Waktu
Apakah Anda benar-benar ingin sukses mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas make money from blogging? Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan $1000 dari aktivitas blogging? Atau apakah Anda membuat dan mengelola blog sekedar sebagai hobi dan kesempatan mengisi waktu terluang? Sesederhana apapun itu, tentukanlah tujuan Anda sendiri. Dengan mengetahui tujuan pribadi Anda sendiri, Anda bisa menentukan apa yang Anda butuhkan dan langkah-langkah apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Hanya Anda yang tahu ukuran sukses Anda sendiri.

2. Tentukan Target Monetisasi Anda
Berapa target monetisasi yang Anda rencanakan? $1000 per bulan? $500 per bulan? Atau cukup $100 per bulan? Kapan target monetisasi tersebut ingin Anda capai? Tahun ini? Tahun depan? Dengan menentukan target penghasilan yang Anda dapatkan melalui aktivitas blogging, Anda bisa mengurangi tekanan berlebihan karena godaan ingin seperti si blogger A atau blogger B yang memiliki penghasilan jauh lebih besar dari Anda. Berapa pun besarnya penghasilan yang Anda dapatkan, hanya Anda yang tahu batas besar kecilnya kebutuhan Anda.

3. Fokuslah Pada Minat Terbesar Anda
Barangkali klise, namun demikianlah kebenarannya. Apapun yang Anda targetkan dengan aktivitas make money from blogging, tetaplah berusaha fokus pada apa yang Anda sukai dan ingin Anda lakukan. Anda tidak akan mendapatkan kebahagiaan dengan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai.

4. Menulislah Berdasarkan Rencana Posting Terjadwal
Dengan memilih menjadi blogger paruh waktu, Anda memiliki keterbatasan waktu. Solusinya, buatlah jadwal terencana untuk menulis berdasarkan posting terjadwal. Panduan ini barangkali bermanfaat. Pertama, buatlah jadwal rencana artikel yang akan Anda tulis untuk 1 minggu ke depan. Kedua, manfaatkan waktu akhir pekan untuk membaca dan mencari sumber-sumber rujukan artikel yang hendak Anda tulis. Ketiga, pergunakanlah waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk menulis 1 atau 2 artikel untuk 1 atau 2 hari ke depan. Dengan membuat rencana posting terjadwal, Anda bisa mengurangi tekanan deadline untuk harus meng-update tulisan setiap hari di blog Anda.

5. Evaluasi Aktivitas dan Target Anda
Bersama berkembangnya aktivitas blogging dan make money from blogging yang Anda lakukan secara paruh waktu, lakukanlah evaluasi atas aktivitas dan target yang telah Anda tentukan sebelumnya. Sebagai patokan, barangkali Anda bisa melakukan evaluasi tiga bulanan untuk menilai sejauh mana pencapaian target Anda. Siapa tahu dengan evaluasi tersebut tujuan awal Anda perlu diubah atau disesuaikan dengan kondisi terkini Anda.

Bagaimana menurut Anda? Saya yakin Anda pun memiliki tips-tips tersendiri untuk menyiasati keterbatasan menjadi blogger paruh waktu. Saya senang sekali jika Anda mau menambahkan tips-tips diatas berdasarkan pengalaman Anda pribadi.

Happy Blogging…!!!

0 komentar:

template by kendhin
please visit jadipebisnisinternet