Senin, 01 September 2008

Diet Dan Nutrisi Untuk Hamster

Jika Anda memiliki seekor hamster, Anda akan mengetahui kalau hamster itu sangat senang makan ! Di alam, hamster memakan makanan yang beraneka ragam, termasuk biji bijian, akar tanaman, serangga dan bahkan binatang kecil. Untuk tetap menjaga agar hamster Anda senang dan sehat, dia perlu diberikan aneka makan terpilih yang bermutu baik.
WAKTU NYA MAKAN ^__^

Hamster membutuhkan makanan yang fresh setiap hari nya dengan dosis yang cukup. Ada 2 teori yang mengatakan kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan; di pagi hari atau di sore / malam hari. Salah satu pihak mengatakan untuk memberikan makan di malam hari, karena pada malam hari lah mereka bangun dan beraktifitas. Pihak yang lain mengatakan untuk memberikan makan pada pagi hari. Hasil penelitian menyimpulkan kalau seekor hamster tidak tidur sepanjang hari. Malahan, dia bangun setiap 2 jam untuk mencari makanan. Ditambah lagi, di alam nya, makhluk kecil noctural ini keluar dari sarang nya (pada malam hari) untuk mencari makanan. “Harta karun” nya di bawa kembali ke dalam liang nya (sarang) dan di tambah ke dalam “tempat penyimpanan makanan” yang sudah dia kumpulkan sepanjang hari. Seberapa banyak makanan yang dibutuhkan? Sebanyak – banyak nya ! Jenis Syrian hanya membutuhkan makanan sekitar satu sendok makan per hari per ekor, ditambah dengan supplemen tambahan atau buah dan sayuran. Dikarenakan Dwarf memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi, bisa diasumsikan mereka akan mengkonsumsi dosis yang hampir sama dengan Syrian. Hal ini bukan berarti harus memberikan makanan satu sendok makan per hari nya, seperti semua makhluk hidup lainnya, makanan yang dibutuhkan per hari nya bisa naik turun. Secara alami, hamster bisa mengetahui biji-bijian mana saja yang dapat dimakan untuk memberikan mereka makanan yang sesuai dan vitamin yang diperlukan untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat.


Diet bahan pokok dari makanan pabrik merupakan awal yang baik, tapi jangan lupa sayuran segar ! Hamster menyukai sayuran dan membutuhkan sayuran untuk tetap dalam keadaan sehat. Tapi jangan memberikan sayuran terlalu banyak, sedikit rumput, daun semanggi atau wortel per hari sudah cukup. Terlalu banyak daun selada atau sayuran hijau bisa menyebabkan diare.


Untuk meningkatkan protein, Anda bisa memberikan biskuit kering untuk anjing atau kucing. Biskuit ini tidak hanya memberikan protein tambahan tapi juga membantu mengasah giginya.

duniasatwa.com

0 komentar:

template by kendhin
please visit jadipebisnisinternet