Sabtu, 13 September 2008

Virus Skulls

Skuls merupakan virus ponsel yang menggunakan ikon Skulls (Tengkorak) dan dua tulang yang saling bersilangan. Virus ini ditemukan pertama kali pada pertengahan November 2004. Sejak saat itu juga berkembang beberapa varian dari Skull. Hingga akhir 2004, baru ditemukan 3 varian virus Skulls ini. Namun pada awal tahun 2005 kembali ditemukan sebuah varian baru dari Skull yang bernama Skull.D.

Virus Skulls juga menyerang ponsel yang menggunakan sistem operasi Symbian. Dari awal kemunculan virus Skulls, ia sudah memiliki kemampuan yang cukup mengganggu kerja ponsel. File sis Skulls menggunakan nama “Extended theme.SIS” dan ia menyatakan diri sebagai theme manager untuk smartphone Nokia 7610 yang dibuat oleh “Tee-222”.

Jika virus ini terinstalasi di ponsel, ia akan menyebabkan ikon program-program aplikasi berubah menjadi ikon tengkorak dengan dua tulang yang bersilangan. Ikon ini juga akan mengakibatkan program-program aplikasi tidak bisa bekerja.

Satu-satunya fungsi ponsel yang masih dapat dijalankan adalah fungsi untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan. Fungsi-fungsi lain yang memerlukan program aplikasi-seperti SMS, MMS, web browser dan kamera tidak dapat berfungsi lagi.

Skulls.B merupakan varian dari Skulls.A. Ia memiliki fungsi yang sama namun menggunakan file-file yang berbeda. Selain dapat menyebabkan program aplikasi menjadi tidak berfungsi, Skulls.B juga akan memasukkan virus Cabir.B ke dalam ponsel. Virus Cabir ini tidak akan aktif secara otomatis, tapi jika pengguna membuka ikon Caribe dan menjalankan Cabir dari sana, maka Cabir.B akan aktif dan mulai mencoba menginfeksi ponsel lain.

Tidak seperti Skulls.A, Skulls.B juga tidak akan menampilkan pesan apa-apa selama proses instalasi. Ia tidak akan mengganti ikon-ikon umum bukan tengkorak dan tulang bersilangan.

Skulls.C memiliki kemampuan kerja yang sama dengan Skulls.A tapi menggunakan file-file yang berbeda. Setelah terinstalasi, Skulls.C juga akan menyusupkan virus Cabir.F dan men-disable aplikasi third party yang dapat digunakan untuk menghapus virus termasuk F-Secure Mobile Anti-Virus.

Cabir.F mencoba menonaktifkan virus ponsel yang menyamar sebagai player Macromedia Flash yang menyerang sistem operasi Symbian Series 60. Virus ini akan menyisipkan Cabir.M ke dalam ponsel.

Skulls.D akan men-disable sistem aplikasi, aplikasi third party dan menampilkan animasi yang menampilkan kilasan gambar tengkorak. Tidak seperti Skulls versi-versi sebelumnya, Skulls.D hanya men-disable beberapa sistem aplikasi ponsel yang dapat menghapus virus ini. Skulls.D juga akan menonaktifkan aplikasi yang dilakukan setelah ponsel di reboot. Ia juga akan menampilkan animasi tengkorak tidak peduli aplikasi apa yang ingin dijalankan pengguna.

0 komentar:

template by kendhin
please visit jadipebisnisinternet