Sabtu, 13 September 2008

Virus Cabir

Cabir merupakan virus ponsel pertama yang ditemukan. Serangan Cabir pertama kali terdeteksi sekitar pertengahan tahun 2004 dan dikenal dengan nama Cabir.A. sejak itu muncul berbagai macam varian dari virus Cabir. Hingga akhir tahun 2004 telah dikenal 9 varian dari virus Cabir.

Jika mempunyai ponsel Bluetooth dengan sistem operasi symbian? Tak perlu khawatir. Sepanjang tidak mengaktifkan mode Hidden, Cabir tidak akan mengobok-obok ponsel anda. Virus itu hanya akan menyerang ponsel Bluetooth dengan posisi mode Discoverable.
Setelah menyusup ke dalam ponsel, virus ini masuk sebagai inbox yang berisi file Caribe.sis. Pada saat ponsel menjalankan dan menginstall file ini, maka virus akan mulai aktif dan mencari sasaran ponsel Bluetooth baru untuk diserangnya.


Sekalipun Bluetooth pada ponsel dalam posisi disable, jika sudah terinstalasi virus itu, maka Cabir akan terus berusaha untuk menginfeksi ponsel lain. Ketika pertama kali dijalankan/reboot, virus Cabir.A akan menampilkan pesan Caribe-VZ/29a.
Virus ini masih memiliki kelemahan, ia tidak akan secara otomatis terkirim pada ponsel sasarannya, tetapi memerlukan jawaban YES dari calon korban yang akan menerima transfer file tersebut. Jadi kalau tiba-tiba ada file diterima di ponsel, dan meminta jawaban YES, jangan ditekan tombol itu.

Satu hari kemudian setelah kemunculan virus Cabir.A, muncul varian baru virus Cabir.B. Virus ini memiliki cara kerja yang sama dengan virus sebelumnya namun pada Caribe.B pesan Caribe-VZ/29a akan digantikan dengan pesan ‘Caribe’ saja, selain itu juga lokasi instalasi virus turut berbeda.

0 komentar:

template by kendhin
please visit jadipebisnisinternet